KEWIRAUSAHAAN PEMBUATAN SABUN DI LAPAS PEMUDA KELAS IIA TANGERANG

  • Rivandi Ihza Akbar Politeknik Pengayoman Indonesia
  • Rachmayanthy Rachmayanthy Politeknik Pengayoman Indonesia
  • Bagas fikri ramadhan Politeknik Pengayoman Indonesia
  • Hendra arista Politeknik Pengayoman Indonesia
  • Irpan Ariansyah Politeknik Pengayoman Indonesia
  • Kharisma Lqbal Balam Politeknik Pengayoman Indonesia
  • Muhammad Fikri Alghifari Politeknik Pengayoman Indonesia
  • Muhammad Oktopaz Politeknik Pengayoman Indonesia
  • Rifki Ananda Tarigan Politeknik Pengayoman Indonesia
Keywords: Sabun, Peluang Pasar, Strategi Bisnis

Abstract

Bisnis sabun di Indonesia memiliki potensi dan peluang pasar yang besar, namun persaingan yang
semakin ketat karena kebutuhan sabun yang berbeda menjadi ancaman yang harus diperhitungkan.
Oleh karena itu, dalam mengelola perusahaan sabun, beberapa hal yang harus diperhatikan seperti
Inovasi dan bentuk sabun, manajemen keuangan yang baik, manajemen sumber daya manusia yang
efektif, serta strategi pemasaran dan periklanan yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui Memberikan gambaran tentang sejarah dan perkembangan sabun, berkaitan dengan
analisis SWOT yaitu bisnis sabun. Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman dari bisnis ini,
Menyajikan strategi bisnis yang tepat untuk menjalankan bisnis sabun antara lain menentukan
target pasar, jenis sabun yang akan dijual, harga jual, lokasi usaha dan strategi periklanan,
Menjelaskan proses pembuatan sabun meliputi bahan, alat dan perlengkapan yang dibutuhkan,,
Diskusikan pengelolaan keuangan dan sumber daya manusia yang diperlukan untuk menjalankan
bisnis sabun yang sukses, memberikan informasi yang bermanfaat dan bermanfaat bagi calon
pengusaha berminat memulai usaha sabun. Hasil survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet
Indonesia (APJII) mengungkapkan bahwa persentase pengguna internet di Indonesia pada tahun
2017 sebanyak 143,26 juta orang (54,68%) dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 262 juta
orang. Menurut Global Web Index yang disusun We Are Social dan Hootsuite, netizen Indonesia
tercatat sebagai pengguna internet yang paling banyak melakukan pembelian online pada
Desember 2018, artinya 11,86% netizen Indonesia melakukan pembelian online. Di tempat kedua
adalah Cina, mis. 82% pengguna internet. Dapat disimpulkan bahwa semakin banyak masyarakat
Indonesia yang mengetahui perkembangan teknologi internet dan memanfaatkan perkembangan
teknologi tersebut dalam berbagai aktivitas, termasuk belanja online.

Published
2025-11-26