STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBINAAN KEMANDIRIAN BIDANG KONVEKSI DI LAPAS PEMUDA KELAS IIA TANGERANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti tentang pembinaan kemandirian narapidana di Lapas Pemuda IIA Tangerang guna mengetahui bagaimana program pembinaan narapidana yang ditawarkan oleh lembaga pemasyarakatan itu sendiri yang bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan observasi yang menghasilkan data primer dan sekunder kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas II A Tangerang melaksanakan pembinaan kewirausahaan khususnya pada bidang Konveksi. Dari total 1.251 narapidana yang ada di Lapas Pemuda Kelas II A Tangerang yang mengikuti pembinaan kewirausahaan khususnya bidang konveksi hanya 22 narapidana atau hanya 0,56% dari total presentase 193%. Dari hasil pembinaan kemandirian tersebut khususnya pada bidang konveksi nantinyaa akan dijual ke masyarakat dengan begitu strategi pemasaran produk sangatlah penting dalam meningkatkan pemasaran hasil karya narapidana tersebut.