Optimalisasi Pemasaran Produk Kerajinan Tangan Warga Binaan Pemasyarakatan Melalui Online dan Offline di Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang
Optimizing the marketing of handicraft products for correctional inmates online and offline in the Class IIA Women's Prison, Semarang
Abstract
Lembaga Pemasyarakatan merupakan salah satu unit pelaksanaan teknis kementrian hukum dan hak asasi manusia yang memiliki sistem pembinaan yang bertujuan untuk dapat merubah narapidana menjadi manusia seutuhnya kembali dan dapat diterima kembali kedalam masyarakat.Adapun salah satu pembinaan yang dilakukan oleh pihak Lembaga Pemasyarakatan yaitu program Pelatihan kerajinan tangan seperti Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Semarang yang memiliki program keterampilan handicrraft yang bertujuan mengasah skill narapidana dan dapat menjadi sumber penghasilan para narapidana, hal ini juga dapat menjadi bekal bagi narapidana ketika bebas nanti. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana cara agar handicraft narapidana yang dengan kualikfikasi kualitas barang serta harga yang sama dengan harga pasaran saat ini dapat diketahui oleh khalayak umum. Diharapkan hasil kerajinan tangan WBPdapat dipasarkan dan mengahsilkan keuntungan bagi WBP dan untuk Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Semarang sendiri.
Kata Kunci: Pemasaran, Produk , Warga Binaan