Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Upaya Memaksimalkan Pemasaran Karya Wbp Di Rumah Tahanan Kelas IIB Bangkalan
Abstract
Perempuan terlibat sebagai pelaku tindak pidana yang turut menyumbang angka kriminalitas pada era saat ini. perempuan bisa saja turut mengambil peran dalam suatu tindakan pelanggaran hokum yang ditempatkan di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangkalan. Permasalahan utama yang terjadi di Rutan Bangkalan adalah terbatasnya anggaran pembinaan. Solusinya yaitu dengan melakukan Pembinaan keterampilan serta pemanfaatan media sosial sebagai wadah penjualan hasil karya warga binaan pemasyarakatan. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya pemberdayaan Tahanan dan Narapidana perempuan di Rutan Bangkalan. Pembinaan keterampilan kerja dilaksanakan di Bengkel Rutan Kelas IIB Bangkalan. Bahan baku didapatkan disekitar wilayah tersebut menggunakan potensi lokal. Kemudian strategi pemasarannya menggunakan Marketplace. Hasil penelitian Pemahaman tentang digital marketing untuk WBP yang diharapkan dapat bermanfaat dan memaksimalkan pemasaran hasil karya WBP di Rutan kelas IIB Bangkalan, kenaikan hasil pemasaran dibanding sebelumnya yang menggunakan pemasaran konvensional, Ilmu yang diperoleh dapat digunakan sebagai modal untuk terjun ke masyarakat nantinya, WBP dapat berkerja secara mandiri dan selain itu juga merupakan tujuan utama dari Pemasyarakatan. Pemanfaatan digital marketing atau e-commmerce sebagai upaya memaksimalkan proses pemasaran karya WBP. Dimana dalam kegiatan ini melakukan dan membantu proses pemasaran hasil karya WBP dan juga memberikan pelatihan terhadap petugas dalam pemanfaatan digital marketing untuk memaksimalkan hasil penjualan
Keywords: Pembinaan, Pemasyarakatan, Rutan II B Bangkalan
References
Siregar, S., & Wahyuni, T. (2020). The Impact of Digital Marketing on Small and Medium Enterprises. Journal of Marketing Development, 12(1), 23-34.
Putra, A. (2018). Empowering Inmates through Skill Development Programs in Indonesian Prisons. Journal of Correctional Education, 69(2), 45-58.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice (7th ed.). Pearson Education.
Schwartz, J., & Steffensmeier, D. (2015). The Nature of Female Offending: Patterns and Explanation. Crime and Justice, 41, 429-489.
Widianto, H., & Yulianti, R. (2021). Program Pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan. Jurnal Pemasyarakatan Indonesia, 15(2), 89-102.